top of page
Post: Blog2 Custom Feed
Search
  • Teman Diet

Ingin Mengecilkan Paha Secara Cepat? Beginilah Rahasianya!

Updated: Apr 21, 2021


Penyebab Paha Besar
Penyebab Paha Besar

Paha besar memang terasa mengganggu bagi sebagian orang terutama yang ingin penampilannya terlihat tetap oke.

Namun ternyata lemak dapat tertimbun di area paha disebabkan oleh berikut ini.


1. Obesitas

Sudah jelas bahwa obesitas menjadi salah satu faktor utama penyebab paha besar. Obesitas merupakan keadaan orang tersebut memiliki berat badan yang melebihi idealnya sehingga lemak yang ditampung tersebut menumpuk di bagian tertentu.

Bagi pria, lemak yang ditampung biasanya pada bagian perut. Namun bagi wanita, lemak akan tersimpan di bagian seluruh tubuh terutama paha.


2. Kurang gerak

Kurang gerak merupakan salah satu penyebab orang mengalami obesitas, lemak yang seharusnya dibakar untuk aktivitas jadi menumpuk karena lemak tersebut tidak dibakar dengan baik.


3. Faktor keturunan

Apabila berasal dari keturunan berpaha besar, maka paha tidak dapat dikecilkan karena sudah dari gennya. Namun bisa saja paha tersebut dikencangkan ototnya sehingga tampak tidak bergelambir meskipun berukuran besar.


 

Oleh karena itu, ada beberapa tips dan trik supaya mengecilkan paha dibawah ini.


A. Olahraga di rumah

Sebenarnya banyak kegiatan di rumah yang dapat membakar lemak terutama bagian paha seperti naik turun tangga, lompat tali, atau yoga. Namun akan lebih efektif apabila mengikuti gerakan simpel ini.


1. Fire Hydrant

Fire Hydrant
Fire Hydrant

Ambil posisi menungging dengan posisi tangan dan lutut terbuka selebar bahu. Kemudian, luruskan satu kaki ke belakang dan tahan beberapa detik, lalu kembali ke posisi awal.

Ulangi gerakan untuk mengecilkan paha ini sebanyak 10-15 kali.




2. Lunges

Lunges
Lunges

Berdirilah dengan tegak, lalu langkahkan satu kaki ke depan dan tekuk lutut serendah mungkin. Pastikan lutut berada di posisi mendekati lantai, lalu kembali ke posisi semula. Apabila tidak membawa beban, tangan bisa diletakan di pinggang.

Lakukan hingga 10 kali, dan ganti-ganti dengan kaki sebelahnya.



3. Squat

Squat
Squat

Cara melakukannya berdiri dengan posisi kaki dibuka selebar bahu dan kedua tangan diluruskan ke depan. Selanjutnya, turunkan pantat hingga posisi seperti duduk mendekati lantai. Tahan posisi ini selama 20 detik, lalu kembalilah ke posisi semula.

Ulangi gerakan squat hingga 10 kali.




4. Leg Lift

Leg Lift
Leg Lift

Berbaringlah di atas matras atau kasur dengan posisi tangan memegang belakang kepala atau di telinga. Kemudian, rapatkan kaki dan angkat tinggi hingga lurus ke atas. Tahan selama 15 detik, lalu turunkan kaki perlahan. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali.





5. Two Thirds Jump Squat

Two Thirds Jump Squat
Two Thirds Jump Squat

Lebarkan kaki hingga sejajar dengan bahu dan tubuh tetap tegak. Kemudian, letakkan kedua lengan di samping tubuh. Setelah itu, mulai turunkan tubuh seperti posisi saat akan melakukan squat. Setelah tubuh berada dalam posisi hampir jongkok, lompatkan dan angkat kedua lengan ke atas.


Saat mendarat, pastikan posisi tubuh kembali seperti semula. Ulangi gerakan ini setidaknya 20 kali dalam satu set. Lakukan sebanyak 3 set setiap hari.


B. Trik selain berolahraga

Selain berolahraga, ada beberapa cara supaya paha dapat mengecil yaitu:


1. Mengurangi porsi makan

Mengurangi porsi makan tentunya akan mengurangi asupan kalori dan lemak ke dalam tubuh sehingga tubuh akan membakar cadangan makanan seperti lemak tubuh. Namun sangat tidak dianjurkan apabila dilakukan secara ketat karena akan berakibat fatal.


2. Minum air putih yang banyak

Minum air putih sebelum makan dapat mengontrol supaya asupan kalori dan lemak berupa makanan tidak banyak. Selain itu, minum air putih dapat membersihkan tubuh dari racun dalam tubuh.


3. Memilih makanan yang sehat dan bernutrisi sesuai dengan kebutuhan tubuh

Makanan yang dikatakan sehat adalah:

  • Mengandung karbohidrat dan tidak mengandung komposisi lemak (roti gandum, sayuran berwarna hijau dan oranye, serta buah-buahan)

  • Sumber protein yang tidak berlemak (ikan, kalkun, ayam tanpa kulit, dan putih telur)

  • Apabila ingin mengonsumsi keju, yoghurt, dan susu, pilihlah produk susu yang kandungan lemaknya rendah atau bahkan bebas lemak.


4. Selalu sarapan

Sarapan di pagi hari bisa memicu metabolisme sehingga dapat mengurangi lemak pada tubuh termasuk mengecilkan paha dan betis juga. Namun, hindari menu yang rendah gula dan mengandung karbohidrat olahan dan pilih kombinasi protein dan karbohidrat kompleks yang kaya akan serat.


5. Hindari konsumsi gula dan garam berlebihan

Perhatikan label pada makanan yang akan dibeli untuk mengetahui jenis gula yang digunakan, seperti fruktosa, dekstrosa, atau gula biasa.


6. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup dapat mengistirahatkan tubuh sehingga dapat digunakan dengan baik. Selain itu, dapat menghindari rasa lapar saat tengah malam.


7. Menjaga pola makan

Kurangi konsumsi karbohidrat, makanan yang digoreng, serta gula.

Mengurangi ketiga makanan tersebut dijamin akan mempercepat proses mengecilkan paha dan betis karena berkurangnya lemak yang harus dibakar tubuh.

 

Sumber:


14 views0 comments
Post: Blog2 Post
bottom of page