top of page
Post: Blog2 Custom Feed
Search
  • Writer's pictureTeman Diet

Atasi Lengan Bergelambir dengan Workout Simple Di Rumah

Updated: Mar 31, 2021

Bagi sebagian besar orang, memiliki lengan bergelambir dapat sangat mempengaruhi kepercayaan diri mereka, terutama saat ingin menggunakan pakaian dengan model sleeveless. Tidak jarang, beberapa orang sampai mengurungkan niat untuk membeli atau bahkan sekadar memakai baju sleeveless, karena tidak nyaman dengan lengannya yang terlihat kurang proporsional.


Masalah lengan bergelambir ini nyatanya tidak hanya dialami mereka yang memiliki berat badan berlebih saja. Orang yang bertubuh langsing juga dapat memiliki lengan gemuk karena beberapa faktor seperti metabolisme rendah, defisiensi protein, rendahnya kadar testosteron dalam tubuh (pada pria maupun wnaita), hingga kurang tidur.


Perlu digarisbawahi disini bahwa kunci untuk mengatasi lengan gemuk atau bergelambir adalah dengan mengkombinasikan olahraga dan pola makan yang sehat dan seimbang untuk menurunkan kadar lemak tubuh secara keseluruhan. Kamu bisa mulai melakukan latihan-latihan untuk membentuk otot lengan, yang mana otot ini dapat menggantikan posisi lemak dan membuat lengan terlihat lebih ramping.


Tidak baik jika terus menyembunyikannya, padahal di sisi lain kita bisa membenahi hal itu, hingga menjadi jauh lebih percaya diri dan mencintai tubuh kita sendiri. Nah, Teman Diet punya beberapa rekomendasi workout untuk mengatasi masalah lengan bergelambirmu. Simple, lho! Kamu bisa lakukan ini di rumah.


Yuk, simak selengkapnya:


1. Angkat Beban

Angkat Beban

Jika tidak ada barbel di rumah, kamu bisa menggunakan botol air minum berukuran 2 liter.


Latihan angkat beban ini selain dapat mengurangi lemak di lengan, juga dapat memperbaiki kekuatan core (batang tubuh).


Lakukan sebanyak 15 kali repitisi dalam 4 set.






2. Plank

Plank

Saat melakukan plank, bobot tubuh bertumpu di lengan, bukan jari-jari kaki. Dengan demikian lengan akan terlatih maksimal karena tekanan yang didapatkannya. Jika belum kuat melakukan plank dalam waktu yang lama, kamu bisa melakukannya dengan durasi yang lebih singkat, 10 – 15 detik.



3. Push Up

Push Up

Push-up adalah gerakan yang paling efektif untuk membentuk otot lengan, dada, dan bahu. Pertama-tama, ambil posisi push-up dengan bertumpu pada telapak tangan dan ujung kaki, lalu luruskan kedua tangan agar sejajar dengan bahu dan beri jarak cukup lebar antar kedua telapak tangan di lantai.


Jaga tubuh agar membentuk garis lurus dari kepala hingga tumit. Luruskan tungkai, dan jaga agar lutut tidak menempel pada lantai.


Turunkan badan dengan menekuk siku hingga dada turun sekitar 5 cm di atas lantai. Tahan beberapa saat, kemudian luruskan siku kembali. Ulangi 10-15 kali.


4. Chair Triceps Dips

Chair Triceps Dips

Kamu dapat melakukan latihan ini di rumah dengan bantuan kursi atau meja setinggi 60 cm. Gerakan chair triceps dips dapat membantu mengencangkan lengan dengan melatih otot trisep. Bobot tubuh akan bertumpu pada trisep sehingga latihan ini dapat mengurangi lemak sekaligus membentuk otot trisep. Ulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali.


5. Arm Circle

Arm Circle

Kamu bisa melakukan latihan ini dengan atau tanpa menggunakan barbel. Caranya mudah, kamu hanya perlu berdiri tegak dengan kaki terbuka selebar bahu. Rentangkan kedua tangan lurus ke samping setinggi bahu, lalu putar lengan ke arah depan dan belakang beberapa kali. Gerakan memutar lengan ini dapat mengecilkan semua otot termasuk trisep, bisep, bahu, dan punggung.





 

Sumber :

30 views0 comments
Post: Blog2 Post
bottom of page